Ngopi Neng Warung

Tragedi Pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan

*"Fitnah Kubra"*
(Tragedi Pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan)

Peristiwa sejarah, betapapun suram, absurd, dan menyakitkan, perlu diungkap kembali. Umat Islam pernah mengalami peristiwa paling memilukan sepeninggal Rasulullah, yakni serentetan fitnah politik yang menyebabkan terbunuhnya khalifah Utsman bin Affan. Utsman bin Affan adalah khalifah ketiga dalam yang memimpin umat sekitar 12 tahun. Enam tahun pertama, kepemimpinannya berjalan baik.

Beliau melanjutkan perjuangan Khalifah Abubakar dan Khalifah Umar, dengan konsistensi dakwah, sifat amanah dan dermawan. Tak ayal, ia mendapat tempat di hati masyarakat. Enam tahun berikutnya, pola dan sistem kepemimpinan Khalifah Utsman mulai berubah, termakan usianya yang senja. Banyak keputusannya dipengaruhi kolega dekatnya sehingga menimbulkan rasa tidak puas, cemburu, dendam hingga permusuhan di antara masyarakat.

Dari benih-benih ketidakpuasan itulah muncul muara perpecahan pertama dalam umat Islam, yang dikenal dengan peristiwa Fitnah Kubra. Apa pasal? Peristiwa itu memicu serentetan peristiwa kelam, mulai dari Perang Jamal, Perang Siffin, sampai Tragedi Karbala, yang terjadi di abad permulaan sejarah Islam, seolah-olah membungkam kesadaran kolektif umat akan arti pentingnya semangat kebersamaan.

No comments:

Post a Comment