Ngopi Neng Warung

CARA KELUAR DARI MASALAH KEUANGAN

ditulis oleh : muhammad yusuf


Beberapa hari yang lalu ada beberapa teman yang curhat mengenai masalah keuangannya, intinya sih mereka menceritakan kenapa rejeki mereka seret banget, sudah usaha sana sini tapi dapetnya gak pernah sesuai dengan yang diinginkan, kadang-kadang ngusahain pinjaman saja untuk usaha selalu sulit ada saja
hambatannya, mendengar curhat dari teman-teman saya, saya jadi teringat tentang diri saya yang dulu, karena saya juga pernah merasakan berada di posisi masalah keuangan tersebut hampir kurang lebih 6 tahun yang lalu dimulai tahun 2005 tapi alhamdulillah saat ini saya merasa sangat bersyukur sekali karena saya sudah terbebas dari masalah keuangan seperti yang masih terjadi pada teman-teman saya, sekarang yang saya rasakan uang datang dengan mudahnya rejeki datang dari mana saja, apa rahasia saya terbebas dari masalah keuangan ? saya akan share saja jawabannya di group ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Pembahasan topik keluar dari masalah keuangan ini sebetulnya sangat panjang, tetapi sedikit saya ringkas kurang lebihnya seperti ini, yang bikin rejeki seret/ susah itu sebenarnya karena kita banyak berfokus menghawatirkan apa yang akan terjadi jika kita gak punya uang atau gak bisa mendapatkan uang untuk suatu keperluan, kita juga banyak membayangkan hal-hal negatif, hal-hal buruk yang akan terjadi nantinya tentang suatu masalah yang kita hadapi, padahal hal-hal buruk yang kita bayangkan itu pada kenyataannya belum tentu kejadiannya akan seperti yang kita bayangkan.
Ok sekarang saya ingin bertanya, pernah gak anda mengalami kejadian satu hari dari pagi sampai malam hari anda merasa satu hari itu anda hanya mendapatkan hal-hal yang membuat anda Bt, hal-hal yang menyebalkan yang membuat perasaan anda menjadi tidak enak, dan pada malam harinya pada saat anda ingin tidur anda bilang kepada diri anda sendiri, kalo hari ini adalah hari yang paling menyebalkan dan paling bikin BT dan anda akhirnya tidur dengan perasaan yang negatif. Tapi pernah juga gak anda mengalami kejadian dimana satu hari dari pagi sampai malam hari, yang anda alami adalah hal-hal yang menyenangkan dan semua pekerjaan terselesaikan dengan baik, pokoknya anda merasa hari itu anda merasa seperti dalam kondisi yang luar biasa, dan pada malam harinya pada saat anda ingin tidur anda mengatakan kepada diri anda sendiri kalo hari ini adalah hari yang paling menyenangkan buat saya, dan anda tidur dengan perasaan yang positif.
Dari kejadian diatas sadar gak, kalo kita bisa mengerjakan pekerjaan kita dengan efektif, kita bisa mendapatkan sesuatu dengan mudah, rejeki lancar, semuanya terjadi pada saat perasaan kita sedang senang, perasaan kita sedang gembira karena kita berada dalam energi yang positif. Dan kita juga mendapatkan semua hal-hal yang tidak enak, musibah apapun bentuknya sakit, kecelakaan, masalah, rejeki seret, pada saat perasaan kita sedang dalam kondisi energi yang negatif karena kita sedang Bt, kesel, sedih, khawatir, marah, kecewa, dsb.
Nah yang dialami oleh orang-orang pada umumnya, yang merasakan rejekinya sedang seret/ susah adalah karena mereka selalu berfikir tentang hal-hal yang tidak mereka inginkan, mereka selalu berfikir hal-hal yang belum mereka miliki/ dapatkan sehingga dengan terus memikirkannya, perasaan mereka menjadi khawatir, membuat mereka jadi cemas, bingung, pusing.
Pada saat kita sedang mengeluh, bt, khawatir, cemas, takut, marah, kesal sesungguhnya kita sedang berada di sebuah state/ kondisi perasaan yang negatif dan kondisi perasaan negatif inilah yang menghambat aliran rejeki yang turun kepada kita. Untuk itu agar pintu rejekinya terbuka kembali kita harus berada pada kondisi perasaan yang positif yaitu tenang, senang, bahagia nah kondisi perasaan ini tercipta karena kita mengkondisikan hati kita selalu ikhlas dan bersyukur, Allah, SWT berfirman dalam surat Ar Ra’du : 28 “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. Jadi ingat saudaraku jika kita sudah sholat, sudah dzikir sudah membaca Al-Quran tapi kita masih suka mengeluh, bt, khawatir, cemas, takut, marah, kesal, sesungguhnya kita belum benar-benar mengingat Allah, SWT dan pada saat kita sedang mengeluh itu adalah tanda bahwa kita tidak bersyukur atas nikmat yang begitu banyak yang telah diberikan Allah, SWT kepada kita, padahal Allah, SWT telah berfirman Ibrahim : 7 “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu…” dan An-Naml : 40 “Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri…”
Terus gimana caranya supaya kita bisa berada dalam state emosi yang positif agar rejeki bisa mengalir terus menerus tanpa henti :
1. Fokus pada apa yang ingin inginkan bukan pada apa yang kita tidak inginkan, banyak dari kita lebih berfokus pada apa yang kita tidak inginkan inilah salah satu hal kenapa kita sering merasa Bt, khawatir, cemas dsb, contoh berfokus pada apa yang kita tidak inginkan adalah : saya tidak ingin teman-teman saya menjauhi saya, saya tidak ingin gagal, saya tidak mau orang-orang berkomentar jelek tentang saya. Contoh berfokus pada apa yang kita inginkan adalah : saya ingin teman-teman saya mencintai saya, saya ingin berhasil, saya ingin teman-teman saya selalu berfikir positif tentang saya.
2. Jika kita menginginkan sesuatu, tulis dengan jelas apa yang kita mau, contoh saya ingin mendapatkan penghasilan dari bisnis saya 60 juta/ bulan, bikin alasan yang kuat sebanyak-banyaknya kenapa kita harus mendapatkan uang tersebut kenapa harus ada alasannya, karena kita semua bertindak karena memiliki alasan-alasan yang mendukung, jika kita sering membuat alasan-alasan yang membuat kita menunda suatu pekerjaan, sekarang bikin alasan-alasan yang membuat kita harus mendapatkan uang itu dan bergerak mendapatkan uang itu. Bikin alasan dan rasakan emosinya.
3. Visualisasikan/ bayangkan & rasakan hal menyenangkan apa yang akan terjadi, hal-hal baik apa saja yang akan kita dapatkan pada saat kita sudah mendapatkan uang 60 juta itu, buat gambar kejadiannya sesuai dengan yang kita kehendaki.
4. Komitmen untuk :
> setiap hari hanya berfokus memikirkan hal-hal baik yang akan terjadi, berfokus hanya pada hasil akhir yang positif bukan negatif.
> Tulis hal-hal apa saja yang sudah kita dapatkan dalam hidup, syukuri semua nikmat Allah, SWT yang sudah diberikan, jangan kita cuma minta terus sama Allah, SWT, tapi lupa untuk bersyukur.
> Setiap hari harus bisa membantu orang lain dan usahakan bisa bersedekah. Meskipun kita merasa kita gak punya uang, tapi harus dilakukan karena Allah, SWT berfirman Ath-Thalaaq : 7 ” …Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah (bersedekah) dari harta yang diberikan Allah kepadanya..
> Komitmen Ibadah wajib tepat waktu dan usahakan berjamaah Firman Allah, SWT Al-Baqarah, 152 “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu..” dan jangan lupa sholat Dhuha, sholat khusus untuk minta rejeki.
Kenapa komitmen ini perlu supaya kita bisa mengingatkan diri kita, bahwa kita setiap hari harus selalu berada dalam kondisi perasaan yang menyenangkan dan membahagiakan, dan selalu ingat kepada Allah, SWT, agar hati menjadi tenang karena pada saat kita tenang dan berada dalam kondisi perasaan yang menyenangkan dan membahagiakan maka rejeki akan mudah datang.
5. Yang terakhir sabar menunggu hasil, Surah Ath Thur ayat 48 - 49 “Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami,…” banyak dari kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan karena kita tidak sabar, kita menginginkan sesuatu secara instant, jangan pernah berfikir hari ini kita menanam benih dan berharap esok hari sudah bisa panen, jadi untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan maka salah satu kunci yang terpenting kita harus miliki adalah sifat sabar, dan orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang mampu mengontrol perasaannya.

No comments:

Post a Comment