Ngopi Neng Warung

Apakah semua bidah itu sesat?

Salafiwahabi : setiap Bid'ah itu sesat , dan setiap kesesatan itu di neraka , jadi ga ada bid'ah hasanah !
Aku : kata siapa setiap Bid'ah itu sesat ?
salafiwahabi : ini kata NABI , nabi sendiri yang bilang setiap Bid'ah itu sesat !
Aku : ach masa' ? coba mana bukti dalilnya ?
Salafiwahabi : ini dalil nya "kullu bid'ahtin dholalah , wa kullu dholalah finnar !
aku : och , kalau begitu "setiap Bid'ah itu sesat" itu adalah kata kamu bukan kata NABI ...
salafiwahabi : lho kok kata ane ? ini kan dalilnya !
aku : iya itu dalilnya , tahu gue dalilnya NABI SAW bersabda "kullu bid'ahtin dholalah" iya itu kata NABI SAW tapi kalau "setiap Bid'ah itu sesat" itu adalah kata ente bukan kata NABI ...
salafwahabi : maksud ente apa sih ?
aku : oke , kalau lu tetap ngotot , kita buktikan , NABI SAW orang arab bukan ? dan berbahasa arab atau tidak?
salafiwahabi : ya jelas NABI itu orang arab dan berbahasa arab , lah lantas kenapa ente menolak hadist ini ?
aku : gue bukan menolak hadist tapi menolak perkataan lu ..
salafiwahabi : maksud ente apaan sih ? kok nuduh itu perkataan ane ?
aku : oke gue buktikan , "kullu bid'ahtin dholalah" => ini berbahasa arab , "setiap bid'ah itu sesat" => ini berbahasa indonesia , pertanyaan gue "bid'ah" itu bahasa arab atau bahasa indonesia?
salafiwahabi : bahasa arab lah
aku : kalau "bid'ah" itu bahasa arab kenapa lu ga terjemahin kedalam bahasa indonesia sebagaimana kata "kullu" dan "dholalah" ? , kenapa lu malah menerjemahkan "Bid'ah" dengan terjemahan kata "bid'ah" juga ? jadi jelas pernyataan "setiap bid'ah itu sesat" adalah itu perkataan lu ! tapi kalau "kullu bid'ahtin dholalah" adalah perkataan NABI SAW karena NABI SAW tidak mungkin berbicara dengan 2 bahasa yakni bahasa indonesia campur arab , sekarang gue tanya bid'ah itu artinya apa ? tolong terjemahin dulu
salafiwahabi : bid'ah ya bid'ah
aku : bid'ah kok artinya bid'ah ? lama lama lu kayak vicky prasetyo yang mencampur adukkan bahasa inggris dengan bahasa indonesia, jadi bid'ah itu arti terjemahannya apa ?
mendadak salafiwahabi ini mulai buka gadget dan nyari nyari terjemahan "bid'ah" ... lama aku tunggu akhirnya dia dapat juga dari mbah google ...
salafiwahabi : bid'ah artinya perkara yang diada adakan yang menyelisihi ataupun menyerupai syari'at baik menambah ataupun mengurangi
aku : oke, gue pegang penjelasan lu tadi , sekarang gue minta lu terjemahkan secara tuntas dalil ini "kullu bidahtin dholalah" dari bahasa arab ke bahasa indonesia secara tuntas
salafiwahabi : kullu bid'ahtin dholalah => setiap perkara baru yang menyelisihi ataupun menyerupai syari'at baik menambah ataupun mengurangi syari'at itu sesat
aku : nah terus gue tanya sekarang, kalau perkara baru itu tidak menyelisihi ataupun tidak menyerupai seperti syari'at dan sama sekali tidak menambah ataupun mengurangi syari'at apakah termasuk disebut Bid'ah ?
salafiwahabi : ya ga disebut Bid'ah
aku : nah lantas perkara baru semacam itu disebutnya apa ?
salafiwahabi : eh apa yach ???
lama dia berpikir nyari nyari istilah bahasa arab "perkara baru yang diada adakan", akhirnya ujung ujungnya buka gadget searching minta bantuan mbah google dan ketemu ...
salafiwahabi : "perkara baru yang diada adakan" secara umum disebutnya "bid'ah"
aku : nah artinya "perkara baru yang diada adakan" itu memiliki 2 maksud, ada yang menyelisihi syari'at namun ada juga yang tidak menyelisihi syari'at , ada yang menambah atau mengurangi syari'at ada pula yang tidak menambah ataupun tidak mengurangi syari'at , untuk perkara baru yang diada adakan yang menyesatkan karena dapat menyelisihi syari'at ataupun menyerupai syari'at maka kami menyebutnya Bid'ah dholalah , sedangkan untuk perkara baru yang diada adakan yang untuk kebaikan selama tidak menyelisihi/menyerupai syari'at ataupun selama tidak menambah ataupun tidak mengurangi syari'at maka kami menyebutnya BID'AH HASANAH , nah sekarang gue tanya
kalimat "setiap bid'ah itu sesat" kata siapa ?
salafiwahabi : kata ustad ane yang dia bacakan dari terjemahan yang dia tulis sendiri ...
aku : berarti ustad lu itu arab nanggung , yakni setengah arab setengah indonesia , masa' terjemahin "Bid'ah" malah ditulis "Bid'ah" juga ? artinya ustad lu kayak vicky prasetyo ... dan gue sih "arab maklum" aja kalau kalian jadi pada ngawur ...
salafiwahabi Kebingungan..... terus bilang:
dasar Ahulul bid'ah, Ahlussyirik, KAFIRRRR

No comments:

Post a Comment