Ngopi Neng Warung

Sekilas Mafia

Mafia sendiri berasal dari akronim dari Mazzini, Autorizza, Furti, Incendi, dan Avvelenamenti.
Sedangkan orangnya disebut Mafiosi atau Mafioso. Akronim itu memiliki arti sebagai ‘Mazzini mengizinkan untuk mencuri, membakar, dan membunuh’.

Singkatan MAFIA yang berasal dari Mazzini Autorizza Furti, Incendi, Avvelenamenti berasal dari buku Andrew Varna berjudul World Underworld yang diterbitkan Museum Press, London (1957) halaman 58.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa istilah ‘Mafia’ sesungguhnya berasal dari sebuah kata dari Tuscany ‘Maffia’ (dengan dua ‘f’) yang memiliki arti sebagai kemiskinan atau kesengsaraan. Ada pula yang mengatakan ‘Mafia’ berasal dari kata ‘Maehfil’ yang konon berasal dari bahasa Arab yang berarti perserikatan. Orang-orang Arab sendiri memang diketahui pernah menaklukan Sisilia pada abad ke-IX.


Giuseppe Mazzini, pemimpin revolusioner Italia, teman dekat sekaligus pengganti Adam Weishaupt dalam Illuminati, selain menjabat sebagai Grand Master Freemasonry Italia derajat 33rd sekaligus juga pendiri organisasi rahasia itu. Di samping itu, Mazzini ternyata juga pendiri dari organisasi Mafia Italia dan Gangster Sicilia-nya yang terkenal ke seantero jagat.