Ngopi Neng Warung

Tutorial Bermain Admob Aplikasi Android

SER TUTORIYAL CARA MAEN ADMOB
Pertama-tama minimal niat dulu,
kalo udah,
Skill dasar harus bisa desain gambar dulu buat icon appmu, bisa pake korel, potosop, atu pain. ->
Belajar dulu bikin app bisa tanya2 di Github atau Stackoverflow , Disana banyak master2 yang siap dibawelin 24 jam dan gratis, Bahkan ada yang nyediain library asset opensource jadi gratis tinggal comot gak perlu buat dari nol, tinggal rangkai saja dan harus masukin credits biasanya udah ada credits dan licensenya. Tapi kalo tanya harus pake bahasa inggris ya. Gak bisa bahasa inggris? Bisa belajar dulu.. Malas belajar? Tenang ada google translate.
Nb : di stackoverflow kamu harus cari dulu thread yang sama dengan yang mau kamu tanyakan, kalo ternyata yang kamu tanya udah pernah dibahas, kamu bakalan kena flag.
Lanjut
Kalo udah bisa,
Cari Inspirasi dan Referensi -> Bikin konsep -> Tentukan nama aplikasi(penting biar gampang keindex), tentukan package name dan keystore(penting buat upgrade versi appmu nanti) ->Build aplikasi (bisa pake android studio, eclipse, atau kalo lebih gampang pake unity engine biar sedikit koding (tp tetep harus bisa dikit2 , unity pake bahasa C#/Csharp beda sama android studio yang pake java, bisa belajar dari forum diatas, ada dibahas semua) kelebihan unity bisa di build di multi platform, bisa di iOS juga -> Bikin akun admob -> deploy ad unit kedalam appmu (kalo gaktau caranya bisa tanya di forum atas) -> Test -> Bikin Akun google play console bayar $25 harus pake CC, kalo gakpunya bisa beli VCC di kaskus/tokped banyak kisaran 350-400rb , dulu bisa pake VCN BNI tapi kabarnya dah gak bisa (atau kalo gakmau modal bisa ke getjar, aptoide dll ,pokoknya dipublish, tapi pasar terbesar tetap google play store ya) -> upload and publish -> done -> sabar dan tunggu bom waktu
-> kalo memungkinkan , rajin update biar menjaga rating appmu
Kalo appmu yoi pasti banyak yang review atau di upload market lain kayak apk4fun, apkpure dll, jadi otomatis nambah kemungkinan di download diluar google play. Tapi kalo km upload di google play nggak boleh di upload di market lain, karena ada policynya. Tapi kalo orang lain yang upload saya kurang tau, tapi yang penting jangan upload sendiri, kecuali share direct link langsung ke google play. Sejauh ini saya aman-aman saja. Dan setau saya kalo akun google play console max 3x banned lalu akunmu di banned permanent. Kalo mau bikin lagi harus bikin baru bayar $25 lagi dan dengan email berbeda.Google play console sama dengan adsense, nggak boleh multiple akun dalam 1 device.
Nggak cuma android, iOS juga bisa di tempelin admob. Kalo untuk build di aplikasi iOS bisa pake unity tapi kamu harus punya lisensi developer dulu, kaya google play console, tapi untuk apple developer. Jadi sebelum build harus udah punya akun developer dulu karena pas kamu mau build pasti di minta i license key. Murah, Bayar sekitar $100 pertahun.
Tambahan, kalo bisa bikin app, revenue nggak cuman dari admob doang, bisa bikin donasi, aplikasi berbayar dan in app purchase. Jangan dikira nggak laku karena pengguna2 bule siap ngrogoh kantong, kalo applu emang yoi.
Intinya butuh semangat belajar dan perjuangan, niat lan ora keno sambat
Itu stepnya buat yang siap terjun di dunia admob dan bingung caranya maen admob. InsyaAllah barokah.
Sekian wasalam.

No comments:

Post a Comment