Ngopi Neng Warung

renungan

 Muh. Abu Zaky : RENUNGAN HARIAN

   Nabi SAW pernah bersabda : Yahudi akan terpecah menjadi 71 golongan. Kristen terpecah menjadi 72 golongan. Dan Umat Islam terpecah menjadi 73 golongan. Yang selamat hanyalah Ahli Sunnah wal Jama'ah.



   Siapakah mereka ini? Mereka ini adalah Sahabat2 yang bergelar RA. Seperti dimaksud Nabi dalam sabdanya : Generasi Terbaik Umat ini adalah Kurun / Jamanku, & sesudahnya, & sesudahnya, sesudahnya & sesudahnya. Ini merujuk kepada 4 Khulafa'ur Rasyidin setelah Nabi wafat. Namun Allah juga memberi jaminan bahwa Siapapun setelah itu sampai hari Kiamat yang masih mau ITTIBA' dengan baik kepada generasi awal dari Kaum Mujahirin & Anshor maka, mereka juga dapat gelar RA. Jadi Ahli Sunnah wal Jama'ah ini bisa siapapun dari golongan apapun tak harus Salafi, Muhammadiyah, Persis,Al-Irsyad,IM,NU, TABLIGH,dll ormas Islam. Peluangnya terbuka, bebas, asal penuhi syaratnya. Syaratnya adalah Ikuti Jejak Rasul & Sahabat dengan jadi Ahlinya Sunnah2 Nabi & Amalkan dengan rukun Berjama'ah. Atau jadilah Ahlinya Sunnah Nabi & Selalulah Berjama'ah dengan Allah.

Muh. Abu Zaky : Apa itu Sunnah? Sunnah adalah semua hal,baik kata2 & perbuatan Nabi SAW yang terdiri dari : Suroh,Siroh & Sariroh.

SUROH : Tampak lahiriyah Nabi dari ujung rambut s/d ujung kaki selama 24jam. Nabi berjanggut, cara pakaian & gaya bicara Nabi dll.
SIROH : Jalan hidup Nabi (Imaniah, Ibadah,Mu'amalah, Mu'asyaroh & Akhlak), Kerja harian Nabi yakni Dakwahkan LAA ILAHAA ILLALLOOH kepada manusia. (Qul Hadzihis Sabili Ad'u Illallooh 'alaa Bashiroh, Anna waManittaba' Anni)
SARIROH : Fikiran / Kerisauan Nabi yang selalu berharap,semua manusia s/d yg lahir terakhir sebelum Kiamat bisa ucapkan: LAA ILAHAA ILLALLOOH & Selamat masuk Surga Allah tanpa kecuali.

Lalu apa itu Jama'ah? Jama'ah : Kumpulnya Ahlul HaQ di satu tempat dengan Kesamaan :
1. Fikir seperti Nabi SAW
2. Maksud & tujuan
3. Semangat & gerak
4. Bicara dalam hal yang sama
5. Sehati & Kasih Sayang.
Jadi Jamaah tidaklah eksklusif. Anggotanya bersifat bebas seperti Jamaah Sholat.
Sudahkah kita punya ciri2 Ahli Sunnah wal Jama'ah?

NB: Di hadits ini Nabi SAW cuma mengakui bahwa yang Masuk Surga Cuma Ahli Sunnah wal Jama'ah. Jadi yg mengaku selain itu tidak akan masuk surga menurut Nabi SAW. Jadi seperti syi@h, khawarij, mu'tazilah, Qadariyah dll tak akan masuk surga. Bahkan barangsiapa mengaku bahwa yang masuk surga cuma jama'ah / golongannya sendiri yang lain tidak... Ini pun tak akan masuk Surga.