Ngopi Neng Warung

Hak Rasulullah saw.

Bismillah.
Hak Rasulullah saw.

Apabila ada empat perkara kita tunaikan kepada Rasulullah saw. Maka kita akan tahu kehebatan Rasulullah saw. Sehingga cinta kepadanya.



1. Usyaqorrosul /rasa cinta yang sangat kepada Rasulullah saw.

Seluruh sahabat baik laki-laki, perempuan, anak-anak mencintai Rasulullah saw. Kisah sahabat Zaid dan khubaib r huma ketika ditawan dalam perang Birmuna.

Orang Quraisy katakan kepada mereka :
Bagaimana kalau tempat kamu digantikan oleh Muhammad dan kamu pulang bersama anak istri kamu.
Sahabat katakan :
Seandainya Rasulullah saw. hanya tertusuk duripun aku tak rela sementara aku bersenang-senang dengan keluargaku.

Ketika mereka dieksekusi, mereka bukan kirim salam kepada istri anak, tetapi kepada Rasulullah saw. Wanita-wanita sahabiyah jika usai peperangan maka bukan suami mereka yang pertama kali mereka tanyakan, tetapi mereka tanyakan keadaan Rasulullah saw.

Zaid bin Haritsah (budak Rasulullah saw.) yang ketika itu masih anak-anak, ketika dijemput ayahnya untuk ditebus, ia memilih ikut Rasulullah saw. Lalu oleh Rasulullah saw. Ia didudukkan kepangkuannya, dan berkata Rasulullah saw. di depan ayah Zaid bahwa Zaid telah diangkat menjadi anak beliau.

2. Itho'atir rosul /ketaatan kepada Rasulullah saw.

Sa'ad bin Sulaim, adalah sahabat yang miskin dan buruk rupa. Tidak ada yang mau menjadi istrinya. Rasulullah saw. perintahkan kepadanya untuk segera melepaskan masa lajangnya. Tetapi ia katakan, siapakah yang mau denganku ya Rasulullah ? Lalu Nabi saw. Perintah Sa'ad untuk datang kepada seorang sahabat yang memiliki anak bernama Atikah. Lalu Sa'ad datang melamar dan sahabat (ayah Atikah) pun kaget, dan menolak lamaran Sa'ad. Karena Sa'ad berwajah buruk.

Tetapi dari dalam bilik Atikah katakan : Ayah kenapa ayah menolak lamaran Rasulullah saw. bukankah saya yang akan menikah, bukan ayah. Maka saya menerima lamaran Rasulullah saw. itu.

Hari pernikahanpun direncanakan Sa'ad katakan kepada Rasulullah saw. bahwa ia tak memiliki apa-apa untuk menikah. Nabi bagi dia sedekah dan diperintahkan Sa'ad untuk belanja keperluan nikahnya.

Ketika Sa'ad belanja terdengarlah panggilan dari masjid Nabi : Ya khaillahi irkabi.. Wahai kuda-kuda Allah naiklah ke kuda-kuda kamu...

Sa'ad pun tak jadi beli baju pengantin dan diganti menjadi baju perang, ia ikut dalam barisan perang melupakan hari pernikahannya.

Dalam peperangan Sa'ad syahid terbunuh dan Nabi saw. ketika melihat mayatnya langsung buang muka.

Sahabat bertanya:
Kenapa ya Rasulullah?  Apakah engkau benci padanya?

Nabi bersabda :
Aku melihat 2 bidadari berebut masuk ke kain penutup sa'ad dan salah satu dari bidadari itu telah tersingkap kakinya akupun malu melihatnya itulah sebabnya aku alihkan pandanganku..
AllahuAkbar !!

Masyekh katakan :
Adalah suatu kebahagiaan mengikuti sunnah sunnah Rasulullah saw. Karena akan mendatangkan keridhoan Allah swt. dan Allah swt akan cinta kepadanya.

Allah swt. berfirman :
"Katakan kekasihku Muhammad, jika kalian mencintai Allah maka ikutilah aku (rasul) pasti Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa dosa kalian." (Qs. Ali Imran : 31)

3. Dzikrurrasul / Mengingat Rasulullah saw. Dengan banyak bersholawat.

Rasulullah saw. bersabda :
"Orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat diantara umatku adalah orang yang senantiasa mengirim sholawat kepadaku." (HR. Tirmidzi).

4. Fikrurrasul / membawa fikr Rasulullah saw.

Fikr / kerisauan Rasulullah saw. adalah bagaimana supaya semua manusia selamat dari adzab Allah swt.
Allah swt. berfirman :
"Barangkali engkau Muhammad akan membinasakan diri kamu melihat mereka tidak beriman."

Dalam ayat lain :
"Tidaklah kebanyakan manusia beriman kepada Allah walaupun engkau Muhammad sangat menginginkan."
(Qs. Yusuf : 103)

Sahabat-sahabat telah membawa fikr Rasulullah saw. untuk wujudkan kepada seluruh manusia. Mereka pergi tinggalkan kampung untuk dakwahkan agama sehingga agama tersebar.

Dimana tempat yang ada manusia mereka datangi.
Utbah bin Nafi' telah sampai di tepi laut Maroko dan ia katakan :
Ya Allah jika di seberang laut sana ada manusia maka sampaikanlah aku kesana.

Dari ke 4 hak-hak Rasulullah saw. ini yang paling banyak menghabiskan waktu, tenaga, dan harta  bahkan tangisan tangisan anak istri adalah mewujudkan fikir Rasulullah saw. kedalam kehidupan kita.

Semoga sebagai ummat Nabi kita diberi kekuatan untuk tunaikan hak hak Rasulullah saw. bukan hanya sholawatan doang, atau ngaji haditsnya doang kemudian diperdebatkan...

Mari kita (berkorban) keluar di jalan Allah untuk wujudkan itu semua. 👳🏻🙏🏻