Ngopi Neng Warung

10 Tips Bisnis Untuk Pemula

Sudahkah Anda Tahu 10 Tips Bisnis ini ?
.

.
.
Selamat hari senin hehehe, semoga hari senin tidak menyurutkan aktivitas bagi anda anda semua ya. Kali ini saya akan share 10 tips bisnis untuk anda semua. Kalau yang sudah tau ya disimak lagi, kalau yang belum tau siapin alat tulisnya. Sudah siap?? :)

Tentunya sukses adalah impian bagi anda semua. Banyak orang ketika ditanya, kamu besok mau jadi apa? Tentu jawabannya jadi orang sukses. Betul?

Lantas bagaimana cara kamu mencapai kesuksesan? Jawabannya macam macam, ada yang menuntut ilmu setinggi tingginya, ada yang jadi dokter, ada yang merintis kerja sampe punya jabatan tinggi, ada yang jadi pejabat, ada yang jadi pengusaha, macam-macam. Tapi kali ini yang dibahas adalah yang mau jadi pengusaha. Akan tetapi menjadi seorang pebisnis tidaklah semudah dan tidak semulus yang dibayangkan banyak sekali yang perlu dipelajari, mulai dari mau bisnis apa sampai bagaimana managementnya.

Tetapi anda bisa kok menjadi seorang pengusaha jika mau belajar, berusaha keras dan tidak takut rugi. Berikut 10 tips bisnis untuk pemula dari Scoot Graber seorang pengusaha muda, penulis, dan investor asal Amerika Serikat.

1. Fokus Pada Satu Peluang
Seiring dengan berkembangnya zaman banyak sekali peluang peluang bisnis yang bermunculan. Sehingga membuat anda bingung memilih peluang yang mana. Pada akhirnya anda memilih beberapa peluang tersebut untuk dijalankan. Memang benar banyak peluang banyak hasil. Akan tetapi tidak seutuhnya itu benar. Kenapa? Ya karena anda tidak akan fokus, ide ide yang anda keluarkan tidak terarah ke satu titik sehingga ide yang ingin diterapkan pada bisnis anda tidak maksimal. Sebaliknya jika anda fokus ke satu peluang saja, maka ide ide dan inovasi yang anda keluarkan akan mudah terealisasikan.

2. Lakukan Hal Yang Kamu Sukai
Apakah anda pernah mendengar hobi membawa rezeki? Ya tentu sudah. Tak dipungkiri lagi hobi adalah kesenangan, jika kita sudah merasa senang apapun kendalanya kita tidak akan mudah putus asa. Semua dijalani dengan passion dan ikhlas, misal anda suka memasak maka anda bisa membuka usaha rumah makan, atau invasi kuliner lainnya. Dari hobi menjadi hoki.
3. Kuasai Segalanya Tentang Bisnis Kamu
Ketika kamu menggeluti dunia bisnis, tak banyak investor yang mau menginvestasikan uangnya di bisnis kamu. Maka kuasai terlebih dahulu seluk beluk bisnis yang kamu geluti, sehingga jika investor datang kamu dapat menjelaskan tentang bisnis anda sehingga bisa menjalin kepercayaan dengan anda.

4. Utamakan Kesederhanaan
Tujuannya adalah supaya anda hanya fokus untuk membangun bisnis anda tersebut, sehingga bisnis anda terus meningkat bahkan menjadi pioner. Nikmatilah prosesnya dari awal membangun sampai berdiri. Jika bisnis anda sudah sukses secara tidak sadar mobil, rumah, dan yang kamu impikan itu bisa kamu miliki nantinya. Seperti pepatah “bersakit sakit dahulu, bersenang senang kemudian” kiki emotikon
5. Selalu Mau Belajar Dari Orang Lain
Belajarlah dari teman atau orang yang sudah sukses, karena banyak ilmu yang akan didapat dari mereka yang sudah menjalankan asam manis nya perjuangan membangun usaha. Jika kamu sudah mendapatkan ilmu dari mereka, giliran anda yang menerapkannya.

6. Belajar Dari Kegagalan
Di dunia ini hanya ada 2 pilihan baik benar, maju mundur, sukses atau tidak, dan masih banyak lainnya. Jadi jika anda mengalami kegagalan jangan berhenti, karena didalam kegagalan masih ada kesuksesan.

7. Tunjukan Bahwa Konsep Bisnis Kamu Yang Terbaik
Konsep yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Jika anda mempunyai konsep yang baik tidak dipungkiri para investor tertarik untuk menanamkan modalnya di bisnis kamu. So tunjukan konsep terbaik kamu kepada para investor.

8. Menjaga Kesehatan
Bekerja keras sudah pasti harus dilakukan, tetapi jangan lupa dengan kondisi kesehatan anda. Jika tubuh anda sehat maka apapun yang kamu kerjakan akan produktif.

9. Buktikan Dengan Tindakan Bukan Dengan Kata-Kata
Speak less, do more, betul? Coba anda bayangin jika anda hanya berkata kata saja tapi minim tindakan, apa yang akan orang lain nilai dari diri anda? Pastinya orang lain akan berkata “ah si anu Cuma bisa omdo (omong doang)” hehehe. Buktikan semua yang anda lakukan dengan tindakan bukan kata kata. Jadikan tindakan kita sebagai kata kata atau pesan untuk orang lain.

10. Tahu Kapan Harus Berhenti Berusaha
Menjalankan usaha tak semudah dan semulus yang dibayangkan, banyak suka dan duka nya. Terkadang bisnis yang anda jalankan tidak membawa pada keberuntungan. Orang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti. Terkadang ada hal-hal yang memaksa anda untuk berhenti, jika anda tidak cermat anda akan terpuruk. Tetapi perlu diingat juga berhenti yang dimaksud adalah bukan benar-benar untk berhenti, anda bisa mengambil pengalaman dari yang sebelumnya untuk membangun usaha yang baru lagi. Pelajari apa yang menyebabkan anda menghentikan usaha anda, itulah kuncinya. Bijaksana dalam mengambil keputuskan menghindari anda dari keterpurukan. Dan yang terpenting jangan menyerah dan selalu berdoa pada Pencipta kita.

Itulah 10 tips untuk anda yang ingin menjanani dunia bisnis, yakinlah pada diri anda sendiri bahwa bukan hanya orang lain yang bisa tetapi diri anda juga bisa. Yang terpenting bukanlah tulisan ini tetapi MAU kah anda belajar dan BERANI kah anda action sekarang?

Silahkan share ke teman-teman anda, semoga bisa bermanfaat :)

Follow IG : pengusaha_syariah_edubuku
Join Group : Yuk Hijrah Bisnis
Like Page : Edu Buku dan Bisnis Syariah
Website : toko.edubuku.com