Ngopi Neng Warung

Punya Mobil dan Tidak Beli

Kali ini saya ingin bercerita tentang penting tidaknya memiliki kendaraan roda 4. Saya berpendapat bahwa jauh lebih mudah pergi kemana-mana menggunakan gojek daripada membawa mobil sendiri. Begini ilustrasinya untuk mobil avanza senilai 200juta.
1. Rata-rata biaya maintenance mobil adalah 4% setahun. Bisa menjadi 6% apabila menggunakan asuransi. Biaya ini untuk servis rutin 3 bulanan. Ganti oli, ganti - ganti sparepart rusak lain. Rerata kita ambil kasar 4% saja. kalau bangunan koefisiennya adalah 2%. Maka 4% dari 200juta adalah Rp8.000.000,-
2. Biaya perpanjangan STNK tahunan anggap Rp2.000.000,-
3. Biaya bensin Rp700.000/bulan, maka setahun menjadi 8.4jt kita bulatkan Rp9.000.000,-
4. Biaya parkir 300rb /bulan, setahun maka Rp3.6jt dibulatkan Rp4.000.000,-
Itu belum memasukkan inflasi, harga parkir sekarang tidak lagi 2000, bensin premium sulit didapat, STNK kayanya sekarang tidak lagi 2jt. Dan belum biaya perbaikan jika kecelakaan. Jadi asumsi yang saya berikan adalah asumsi rendah
Total dengan asumsi rendah maka total biaya operasional mobil adalah 8+2+9+4 = Rp23.000.000 / tahun
Dan biaya itu adalah biaya yang pasti keluar setiap tahun dari 1 mobil. Kalau mobilnya 2? kalau menggunakan cicilan? kalau asuransi? makanya jangan heran jika bisa mencapai 30juta pertahun untuk range atas.
Jika kita memakai GOJEK, GRAB, dll. Apakah biaya transportasi kita sampai 20juta? Apakah pernah ngisi Go-Pay 2 juta dan habis?
Kalau pas dekat saya pesan ojek saja. Kalau rada jauhan atau bareng keluarga baru pakai taksi. Enak setiap hari mobil ganti. Ga repot nyuci mobil, antar bengkel, ga perlu cari parkir, cari pom bensin. Waktu kita bisa diganti dengan kebersamaan bareng keluarga.
saya kadang-kadang saat di Indonesia, kalau capek, mobil ditinggal pulang pergi naik GOJEK.
Dari sini saya beranggapan bahwa punya mobil tidak perlu sekali, saat ini sudah ada subtitusinya.
�Tetapi untuk beberapa orang tetap memiliki mobil itu penting. Seperti saya karena kebetulan memiliki toko dibeberapa tempat, memang digunakan untuk antar jemput barang, angkut angkut dari gudang. Dan hal - hal lain.
Lagipula kalau naik taksi selama 40menit bisa kita gunakan untuk buka laptop latihan presentasi, membuat paper, mereview kegiatan hari ini. Dalam setahun 40 menit ini bisa menjadi 14 HARI. Waktu kita lebih banyak 14 hari dari orang lain
Silahkan ini bisa dijadikan pertimbangan

No comments:

Post a Comment