Ngopi Neng Warung

Dahlan: Pertengkaran dan Sakit Hati Kunci Sukse

EMPO.COJakarta - Bagi orang yang pernah melakukan bisnis pasti pernah merasakan kekecewaan karena pertengkaran dengan partner bisnis hingga terjadi perpecahan dan berujung permusuhan.  Ternyata proses seperti itu merupakan awal baru menuju kesuksesan. Begitu menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan ketika memberikan seminar entrepreneur di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Senin 4 Juni 2012.
“Sebaiknya tiap beberapa minggu sekali bertengkar (dengan partner bisnis),” kata Dahlan.
Jika sering bertengkar, kata Dahlan, justru memberikan efek yang baik. “Sering bertengkar akan terjadi interaksi dan kristalisasi,” ucap pendiri media Jawa Pos Grup ini.
Menurut Dahlan, perpecahan di sebuah bisnis merupakan awal yang baik karena bisa berujung dengan saling bersinergi atau bahkan terpisah hingga masing-masing terpicu untuk sukses.
“Perpecahan di bisnis itu baik, berbeda dengan partai politik. Yang penting pecahnya baik-baik. Bisa jadi musuhan, bersaing, dan dua-duanya bisa hidup (sukses),” ucap Dahlan.
Perpecahan hingga menimbulkan sakit hati satu sama lain merupakan proses positif yang harus dirasakan jika seseorang ingin mendapatkan bisnis yang sukses. “Sakit hati itu modal penting untuk maju. Itu awal kemajuan,” tutur Dahlan serius.

No comments:

Post a Comment