Ngopi Neng Warung

Hidup adalah Permainan dan Senda Gurau

Dalam perjalanan saya di bulan suci ini, ternyata banyak hikmah yang saya peroleh. Saya sering bertemu dengan orang-orang yang menyampaikan renungan yang merasuk hingga ke hati. Seperti tadi pagi, saya baru saja bertemu dengan seorang yang menghadapi hidup dengan santai. Beliau bertutur:
“Hidup itu jangan dihadapi dengan serius. Hidup ini hanya permainan dan senda gurau belaka. Apapun yang terjadi hadapilah dengan santai dan ringan hati. Karena itu semua hanya permainan saja. Nikmati saja hidup dengan segala permainannya.”
“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka…. Maka tidakkah kamu memahaminya?”
Saya termangu merenungkannya…. Apakah selama ini saya bisa menikmati permainan hidup ini atau justru hiduplah yang mempermainkan saya?

No comments:

Post a Comment