Ngopi Neng Warung

Rahasia dibalik masalah

   Seringkali manusia mengeluh atas rumitnya masalah yang dihadapi atau beratnya cobaan yang tak kunjung reda. Memang wajar, sifat manusia lumrah, jika menemui kesulitan akan mengeluh karena memang manusia punya segala sifat dan potensi, baik yang positif maupun negatif. Dan tuhan menganugerahkan segala sifat
untuk untuk manusia untuk dipilih mana sifat yang tepat jika sedang menghadapi persoalan. Semua sifat itu ada manfaatnya.
  Ternyata, apa yang kita alami seimbang dengan harapan / cita-cita hidup kita. Persis seperti anak sekolah, setiap kenaikan tingkat, selalu mendapat soal yang lebih rumit. Makanya kita harus introspeksi, apakah cita cita kita "terlalu tinggi" sehingga cobaan / masalah kita begitu rumit ?. Karena, jika lulus menghadapi persoalan itu, kita akan mendapat "bayaran" berupa keinginan yang tercapai.
  Jika ingin gak mendapat masalah berat, rendahkan cita cita, kalau berdoa minta yang sederhana saja, jangan punya keinginan untuk menyamakan dengan orang sukses. Kalau ada orang berdoa jangan sembaran bilang "AMIN", karena doa bahasa arabnya ternyata permintaan yang terlalu 'berat' untuk kita dan tidak cocok untuk kita. Lihatlah kehidupan orang yang sulit, sederhana, dan orang gagal.
  Karena Tuhan sayang kita, setiap kita punya keingininan / doa, selalu dikabulkan. tentu ada* syarat dan ketentua berlaku. Salah satu syaratnya tentu kita bisa menyelesaikan ujian masalah yang diberikan tuhan. Jika tidak sanggup, tidak perlu kita banyak keinginan.
  Jadi, hadapi dengan senang hati dan ikhlas atas segala hal yang kita hadapi.

Kata lulusan Pondok Gontor Ponorogo :
- Berani hidup tak takut mati
- Takut mati jangan hidup
- Takut hidup mati saja

No comments:

Post a Comment