Ngopi Neng Warung

Apakah kita benar-benar menginginkan perubahan

Saya sendiri menangkapnya seperti ini

*Do we really want Change?*
_apakah kita benar-benar menginginkan perubahan_

Banyak dari kita ingin perubahan, tapi banyak pula dari kita yang tidak mau berubah, apalagi *diajak* dan *dipimpin* untuk berubah. Sering kali yang kita temui adalah *alasan* dan pandangan dari sisi *negatif* atau *pesimis*.
Ini yang juga seringkali memicu anggota atau pengikut *enggan apabila ditunjuk untuk memimpin perubahan*, banyak yang merasa berat ketika terbayang bagaimana harus memimpin anggota dengan *value, misi, dan visi* yang beragam*. Terlebih ketika mengingat *perilaku dan celotehan* anggota yang sering melihat segala sesuatu dari sisi negatif atau pesimis tadi.

Barangkali ini terjadi karena terlalu banyak *pelatihan kepemimpinan* dan minimnya pelatihan *menjadi anggota atau murid yang baik* atau *how to respect and value your stakeholders*

Itu semua diperparah ketika banyak pemimpin yang *tidak berintegritas*, maka anggota atau rakyat pun *tidak percaya* dan *enggan patuh*, lalu yang terjadi adalah *pembangkangan* dan *progress* yang diharapkan tidak terjadi.

Lalu kita harus bagaimana?Kalau menurut saya, *belajarlah jadi anggota dan murid yang baik* dulu, *_do whatever we can do to improve thing around us instead of blamming others_* dan bersinergi untuk mencipatakan kehidupan yang lebih baik dan barakah, sembari berdoa semoga diberikan pemimpin yang *jujur, berintegritas, visioner, berpihak kepada umat, dan mempunyai _can do attitude_*
Amin ya rabbal alamin