Ngopi Neng Warung

Sering-seringlah Bersama Orang Baik

# Sering-seringlah Bersama Orang Baik
Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi


SERING-SERINGLAH mendengar nasehat kebaikan dan mengatakan hal-hal yang baik walaupun kita sendiri belum menjadi orang baik. Semoga dengan sering mendengar dan mengatakan kebaikan hati kita melunak dan melembut untuk kemudian menerima kebaikan itu sepenuh hati.

Lebih dari itu, sering-seringlah bersama dengan orang baik dengan harapan semoga rahmat yang Allah berikan kepadanya membias kepada kita. Bukankah anjing yang dalam fiqh dihukumi sebagai najis kelas berat (mughalladzah) menjadi mulia karena bersama ashabul kahfi?

Janganlah membiasakan diri mendengar dan atau mengatakan sesuatu yang tak baik, jangan-jangan hati kita berproses mengeras dan akhirnya menolak kebaikan. Lebih dari itu, janganlah gemar duduk bersama dengan orang-orang yang tak baik, pengaruh negatifnya biasanya cukup besar juga. Namun, jangan lupa untuk mendoakan mereka menjadi orang baik. Prinsipnya, semakin banyak orang yang masuk surga adalah lebih baik.


Sering-seringlah membaca dan mendengar kisah orang-orang besar, orang-orang pilihan, yang sukses menjalani hidup walau diterpa banyak isu dan dihantam oleh banyak musibah. Sungguh kisah seperti itu akan menjadi penguat hati untuk tetap tegar dan sabar menjalani setiap episode kehidupan. Bukankah musim kemarau dan musim penghujan datang silih berganti sebagaimana siang dan malam datang bergantian?

Jangan membiasakan diri mengeluh dan berlomba mempersedih keluhan. Seringkali fakta tak nyaman itu sederhana saja, namun kemudian menjadi luar biasa menyedihkan ketika diangkat menjadi drama berbumbu keluhan dan air mata. Keluhan tak pernah dicipta untuk menjadi pengobat derita melainkan sebagai pelengkap derita.

Mari kita bersemangat menjadi lebih baik, bersama orang baik, melakukan kebaikan dan mempersembahkan kebaikan. Lupakan derita dan keluhan maka Allah akan menggantinya dengan bahagia penuh kesyukuran

(FB Group = Info manaqib tqn suryalaya)