Ngopi Neng Warung

Tulisan Prof Agus Sunyoto

Meski banyak klaim tentang Rl yg berdasar Pancasila dan UUD 45, fakta sejarah menunjuk bhw perumusan itu sdh disepakati antara tokoh NU dgn kader Syarikat lslam, dlm wujud pertemuan KH Hasjim Asj'ari -
BK - Muso di pasar Kapu di Pagu Kediri pada awal 1936. Rumusan itu muncul dlm Muktamar NU tahun 1936 di Banjarmasin di mana NU menghendaki tegaknya Negara Darusalam dan bukan Darul lslam. Meski tidak menggunakan nama formal lslam seperti Republik Islam lndonesia, melainkan cukup Republik Indonesia, tetapi Negara Darusalam mewajibkan warganegara muslim lndonesia untuk menjalankan Syariat lslam.
Momentum sejarah ini yg sengaja diabaikan sehingga terjadi aneka penafsiran yg jauh dari akar persoalan. Dgn memahami dan mengakui momentum ini, kita akan faham kenapa BK mengirim utusan kpd KH Hasjim Asj'ari pada medio Oktober 1945 yg dilanjut oleh KH Hasjim Asj'ari dgn lahirnya Resolusi Jihad 22 Oktober 1945.
 Munas Alim Ulama 2010 di Kempek, Cirebon, NU tegas memutuskan untuk kembali ke Khittah 1945. Para komprador Kapitalisme Global yg sdh meng-amandemen UUD 45, ribut dan berusaha kuat utk menegaskan bhw amandemen UUD 45 tdk bisa dirubah. Sdh finish. Eee memang UUD 45 amandemen itu kitab suci? Sampai saat ini NU selalu berusaha mengembalikan UUD 45 yg asli sesuai gagasan dan rancangan  Founding Fathers.
 Akibat amandemen UUD 45, asset BUMN kita sah dibeli swasta asing melalui BPPN yg dibentuk akibat Letter of lntent yg dibuat IMF dan disetujui Soeharto. Begitulah asset Pertamina pindah ke Exxon Mobile, Shell, Chevron, Caltex, Amerada-Hess, Petro China, Sonangol, dll; Semen Gresik, lndarung, Bosowa jatuh ke tangan Cemex; pabrik kertas; Pelindo; pembangkit listrik; gas alam LNG; pabrik baja; perbankan; satelit; pabrik kimia, dll. RI hg pernah jadi anggota OPEC harus keluar karena jadi importir minyak.
 Jika UUD 45 amandemen bisa dianulir menjadi UUD 45 asli, praktis secara hukum pembelian asset negara oleh swasta asing batal demi hukum. Semua asset akan kembali ke Negara lndonesia.
Tapi mana mau Kapitalis Global melepas asset yg sdh di tangan. Dgn modal yg mereka miliki, usaha kembalikan UUD 45 yg asli harus digagalkan. Dan mentalitas UUD orang kita, bakal rontok jika berhadapan dengan duit.