Ngopi Neng Warung

PBNU SYARIAHKAN BANK MURNI RIBA

PBNU SYARIAHKAN BANK MURNI RIBA
Oleh: Ahmad Ifham | Amana Consulting

Salam sapa salam kenal dari saya makhluk Tuhan yang usil ini. Kata ayah saya, nama saya Ahmad al Ifham Sholihin. Ayah saya turun temurun dari Lasem dan Ibu saya turun temurun dari Pati. Sangat tidak terkenal lah.



Saya orang kampung biasa biasa saja, dan kali ini saya minta izin ya untuk mengaku-ngaku sebagai orang NU. Saya dibesarkan di kalangan NU.

Terkait PBNU, saya nggak pernah terlibat resmi di PBNU. Orang-orang PBNU kemungkinan besar juga nggak tahu siapa saya. Saya rakyat jelata. Hazek.

Akhir-akhir ini di Grup ILBS [Ini Lho Bank Syariah] banyak beredar berita berita tentang rencana peluncuran KARTANU [Kartu Tanda Anggota Nahdhatul Ulama] dengan co-Branding BANK MANDIRI. PBNU juga resmi menyerahkan kartu keanggotaan kepada Ir. H. Joko Widodo [Presiden Jokowi]. KARTANU ini sendiri akan diluncurkan pada Juni 2016.

Tokoh sentral yang menjadi Icon KARTANU ini dan yang juga RESMI menyerahkan KARTANU kepada Presiden Jokowi adalah PEMIMPIN TERTINGGI dari ULAMA PEJUANG EKONOMI SYARIAH, Penandatangan SEMUA Fatwa KEUANGAN SYARIAH [saat ini] sekaligus PEMIMPIN TERTINGGI dari ULAMA di PBNU yakni Dr. [HC] KH. Ma'ruf Amin, dan Rais Aam Tanfidziyah PBNU, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA. Foto beliau-beliau inilah yang beredar di berbagai Media.

Nah..

Ada yang unik dan cerdas dari langkah-langkah ini. Entah langkah siapa yang cerdas ya saya nggak bilang-bilang lho. Silahkan simpulin sendiri dari berbagai sudut pandang PBNU, Tim PBNU, Bank, Pemerintah dan bahkan rakyat [saya juga rakyat.. hehe].

Di bagian mana unik dan cerdasnya?

PERTAMA, sekedar cerita aja. Pendidikan terakhir saya ini kan S1 Psikologi [ya sampe sekarang]. Nah, pada tahun 2003 saya gabung dengan Konsultan Keuangan Syariah ternama saat itu. Sebagai seorang tukang Psikotes, saya plonga plongo saja nggak paham apa itu Bank Syariah. Waktu itu.

Meski saya NGGAK PAHAM Bank Syariah, waktu itu merasa AMAN dan NYAMAN dalam barisan aktivis KEUANGAN SYARIAH karena ada seorang Kyai bernama KH. Muhammad Ahmad Sahal Mahfuzh [almaghfur lah] ya beliau orang Pati [juga], saat itu sebagai Rais Aam Syuriyah PBNU, pemimpin tertinggi ULAMA di PBNU. Beliau saat itu pun sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia [MUI]. Siapa saat itu orang PBNU yang nggak kenal beliau?

Beliaulah yang manandatangani berbagai Fatwa MUI termasuk Fatwa HARAM Bunga Bank. Sekitar 90 lebih Fatwa DSN MUI [saat ini ada 100 Fatwa] yang memperjuangkan KEUANGAN SYARIAH, ditandatangani beliau sampai sebelum beliau meninggal dunia. Dan posisi Ketua Komisi Fatwa MUI pada SAAT ITU dijabat oleh KH. Ma'ruf Amin. Kombinasi mantab nih.

KH. Ma'ruf Amin keren nih jika KAMPANYE KEUANGAN SYARIAH. Pada 2004-2005, saya beberapa kali jadi Asrot [Asisten Sorot] pas beliau ngajar di berbagai LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH [LKS]. Pokoknya beliau PEJUANG KEUANGAN SYARIAH. Terbukti dan teruji. Sampai SAAT INI.

KEDUA, nah saat ini Dr. [HC] KH. Ma'ruf Amin memiliki posisi SAMA PERSIS dengan Dr. [HC] KH. MA Sahal Mahfuzh saat itu, yakni sebagai Ketua Umum MUI sekaligus Rais Aam Syuriyah PBNU.

Posisi yang sangat strategis. Saya ulang posisi KH. Ma'ruf Amin sebagai Ketua Umum MUI, Rais Aam Syuriyah PBNU, PEJUANG KEUANGAN SYARIAH. Fatwa-Fatwa MUI dan KEUANGAN SYARIAH yang ada SAAT INI ditandatangani oleh beliau.

KETIGA, melihat poin PERTAMA dan KEDUA di atas, adalah BUKAN RAHASIA lagi, SANGAT MUDAH DICERNA kasat mata oleh MASYARAKAT, serta melihat BUKTI dan FAKTA sejarah yang tidak bisa dielakkan dan itu berjalan sampai SAAT INI, masyarakat sangat jelas melihat bahwa KH. Ma'ruf Amin TERLALU SANGAT JELAS sebagai ICON ULAMA PEJUANG KEUANGAN SYARIAH dan sebagai PEMIMPIN TERTINGGI dari ULAMA di PBNU.

kullukum raa'in wa kullukum mas`uulun 'an ra'iyyatih

waLlaahu a'lam

✅ Akses SEMUA materi ILBS via Web,
Klik www.AmanaSharia.com

📂 Silahkan Download [langsung] eBook "Logika Fikih MUAMALAH Kontemporer" 1.876 hlm [tanpa sensor], hasil dialog di ILBS selama SATU tahun, klik

www.AmanaSharia.com/eBook